Sillaby GLOBALISASI n NASIONALISME

RENCANA PROGRAM KEGIATANPEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS) 

Nama Matakuliah                                 : Globalisasi dan Nasionalisme

Dosen Pembina                                    : Dra. Vina Salviana, M.Si/Tonny D Effendi, S.Sos

Kode/SKS                                           :  026411./ 3 SKS

MK Prasyarat                                      : Hukum Internasional*

Status Matakuliah                                 : Wajib

Deskripsi Singkat Matakuliah                :

 

Melihat nasionalisme dalam era globalisasi, Pengaruh Globalisasi terhadap Nasionalisme, Disintegrasi. Mata kuliah ini pada dasarnya merupakan mata kuliah terapan dimana mahasiswa telah menempuh mata kuliah dasar yang berisi penjelasan tentang teori dan konsep dalam khasanah ilmu hubungan internasional seperti Sistem Sosial Budaya Indonesia, Hukum Internasional, Pengantar Hubungan Internasional, Teori Hubungan Internasional, Metodologi Ilmu Politik dan beberapa studi kawasan seperti HI Timur Tengah dan HI di Asia.

Mata kuliah ini akan banyak mendiskusikan sejarah, definisi, perkembangan dan fenomena globalisasi. Globalisasi yang telah mendunia memunculkan fenomena borderless world atau dunia tanpa batas dimana sampai pada level individu dibelahan dunia manapun dapat saling berhubungan satu sama lain. Sedangkan didalam negara bangsa kita mengenal adanya faham nasionalisme. Bagaimanakah kemudian faham globalisme dan nasionalisme ini kemudian mengalami benturan seperti yang pernah dikatakan oleh Samuel Huntington tentang The Clash of Civilizations. Kita akan melihat berbagai perdebatan yang muncul dan “proteksi” masing-masing negara bangsa dalam memelihara nasionalisme mereka. Namun disisi lain globalisasi telah memunculkan isu-isu baru seiring dengan kebutuhan hidup manusia yang semakin kompleks. Beberapa isu baru tersebut memang terkesan bersifat low politics namun sangat penting bagi kehidupan manusia dewasa. Isu-isu baru tersebut seperti isu human security, trafficking, drugs and AIDS, human right, environmental, disaster dan sebagainya.

 Tujuan Pembelajaran Umum  :

  1. Mahasiswa mampu memahami definisi dari globalisasi dan nasionalisme
  2. Mahasiswa mampu memahami perdebatan dan benturan antara globalisasi dan nasionalisme
  3. Mahasiswa mampu memahami tantangan nasionalisme negara bangsa dalam menghadapi terpaan globalisasi
  4. Mahasiswa mampu membandingkan bagaimana nasionalisme di beberapa negara dalam menghadapi globalisasi

 Tujuan Pembelajaran Khusus :

  1. Mahasiswa mempelajari berbagai isu-isu global yang saat ini sedang berkembang dan dibahas dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Mahasiswa dapat menarik beberapa isu dan fenomena dalam mata kuliah ini sebagai inspirasi bahan penelitian skripsi
  3. Sebagai sarana untuk membumikan ilmu HI dalam kehidupan sehari-hari (Down to earth of Interntional Relation Studies) dan mampu memahami fenomena global yang saat ini terjadi.

 Outcome pembelajaran             :Dari mata kuliah ini diharapkan kemudian muncul pemahaman tentang mengapa terjadi fenomena globalisasi ekonomi, politik, sosial dan budaya yang pada dasarnya tidak jauh dari kehidupan pribadi mahasiswa. Dengan pemahaman ini diharapkan mahasiswa dapat bertindak dan berfikir lebih bijak dalam era globalisasi dan memancing munculnya kreatifitas berfikir melalui berbagai opini yang kemudian muncul dan bermanfaat bagi studi Hubungan Internasional  RENCANA JADUAL KEGIATAN PEMBELAJARAN MINGGUAN

Minggu Topik Bahasan Metode Pembelajaran Referensi
1 1. Kontrak Kuliah1.1. Prosentasi penlilaian1.2. Sistem Kuliah1.3. Tugas o        Tutorial, pratikum, ceramah, diskusi o        Menggunakan media (LCD,OHP,papan tulis, notebook)    
2 2.Paradigma Globalisasi2.1. Mitos Globalisasi 2.2. Model dalam Ekonomi Internasional o        Tutorial, pratikum, ceramah, diskusi  o        Menggunakan media (LCD,OHP,papan tulis, notebook)  Hirst, paul and Thompson, Grahame, 2002, Globalization in Question, second edition, Cambridge, Polity Press, pp. 1-18
3 3.Globalisasi sebagai Peradaban?3.1         Globalisasi dan peran negara3.2         Globalisasi : nilai dan etika3.3         Globalisasi dan ikatan Sosial o        Tutorial, pratikum, ceramah, diskusi  o        Menggunakan media (LCD,OHP,papan tulis, notebook) Brunsvick, Yves, and Danzin, Andre, 2005, Lahirnya Sebuah Peradaban : Goncangan Globalisasi, Yogyakarta, Kanisius, pp. 69-81
4 4. Pembangunan Ekonomi dan Globalisasi4.1 Keajaiban Asia4.2 Krisis Ekonomi Asia o        Tutorial, pratikum, ceramah, diskusi  o        Menggunakan media (LCD,OHP,papan tulis, notebook) Hirst, paul and Thompson, Grahame, 2002, Globalization in Question, second edition, Cambridge, Polity Press, pp. 134-162
5 5.Globalisasi : sebuah pendekatan kelas5.1 Tahap perkembangan globalisasi5.2 Globalisasi sebagai pendekatan kelas o        Tutorial, pratikum, ceramah, diskusi  o        Menggunakan media (LCD,OHP,papan tulis, notebook) Pomtoh, Cohen Husein, 2003, Akhir globalisasi : dari perdebatan teori menuju gerakan massa, C-Books, Jakarta, pp. 22-49
6 6. Kritik Globalisasi6.1 Globalisasi dan TNC6.2 Ancaman Globalisasi6.3 Tantangan Globalisasi o        Tutorial, pratikum, ceramah, diskusi  o        Menggunakan media (LCD,OHP,papan tulis, notebook) Fakih, Mansour, 2003, Runtuhnya Teori Pembangunan dan Globalisasi, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, pp. 214-222
7 7. Globalisasi dan Kemiskinan7.1 IMF : Produksi Kemiskinan7.2 WTO : Kekuasaan Negara Maju7.3 Bank Dunia : Sebuah Potret Kemiskinan o        Tutorial, pratikum, ceramah, diskusi  o        Menggunakan media (LCD,OHP,papan tulis, notebook) International Forum on Globalization, 2003, Globalisasi Kemiskinan dan Ketimpangan (terjemahan), Yogyakarta, Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas, pp. 79-105
8 UJIAN TENGAH SEMESTER    
9 9. Nasionalisme9.1 Definisi Nasionalisme9.2 Akar-akar Budaya9.3 Asal Munculnya Kesadaran Nasional o        Tutorial, pratikum, ceramah, diskusi  o        Menggunakan media (LCD,OHP,papan tulis, notebook) Anderson, Benedict, 2002, Imagined Communities : Komunitas-Komunitas Terbayang, Yogyakarta, INSIST, pp. 1-55
10 10. Nasionalisme Era Globalisasi10.1 Imagined Communities or communal images?10.2 Nation againt states10.3  Nations without a state o        Tutorial, pratikum, ceramah, diskusi  o        Menggunakan media (LCD,OHP,papan tulis, notebook) Castells, Manuel, 2004, The Power of Identity, second editions, Victoria, Blackwell Publishing, pp. 30-45
11 11. Investor First, People Second11.1 Logika ekonomi11.2 nations without borders o        Tutorial, pratikum, ceramah, diskusi  o        Menggunakan media (LCD,OHP,papan tulis, notebook) Castells, Manuel, 2004, The Power of Identity, second editions, Victoria, Blackwell Publishing, pp. 215-243 and pp. 301-303
12 12. Globalisasi dan Lokalisasi12.1 Masyarakat local dalam konteks global12.2 glokalisasi o        Tutorial, pratikum, ceramah, diskusi  o        Menggunakan media (LCD,OHP,papan tulis, notebook) Hines, Cohen, 2005, Mengganti Globalisasi Ekonomi Menjadi Lokalisasi Demokrasi, INSIST Press, Yogyakarta98
13 13. Diskusi KelompokGlobalisasi dalam studi Hubungan Internasional– Efek Globalisasi di Indonesia o        Diskusi diikuti dengan analisa dan ceramah  o        Menggunakan media (LCD,OHP,papan tulis, notebook)  
14 14. Diskusi Kelompok– Nasionalisme Negara Bangsa ditengah Era Globalisasi– Nasionalisme Indonesia era Globalisasi o        Diskusi diikuti dengan analisa dan ceramah  o        Menggunakan media (LCD,OHP,papan tulis, notebook)  
15 15. Diskusi Kelompok Peran Perempuan dalam dunia Global– Kemiskinan dan Globalisasi o        Diskusi diikuti dengan analisa dan ceramah  o        Menggunakan media (LCD,OHP,papan tulis, notebook)  
16 UJIAN AKHIR SEMESTER    

Keterangan : Perkuliahan 16 Minggu (UTS minggu VIII dan UAS Minggu 16)   

Evaluasi/Penilaian : (Sistem Penilian pada Mahasiswa)

 

  • Presensi                        : 10%
  • Tugas                           : 15%
  • Keaktifan Diskusi         : 20%
  • Ujian Middle                : 20%
  • Ujian Final                    : 35%
  • Sistem kuliah adalah 40% materi dan 60% diskusi
  • Tugas terdiri dari kuis, tugas pribadi dan tugas kelompok

  

Film : An Unconvinient Truth, Al Gore

   Referensi, Bahan Ajar, atau Sumber Pembelajaran  Literatur :

Brunvick, Yves dan Danzin, Andre, 2005, Lahirnya Sebuah Peradaban : Goncangan Globalisasi, Yogyakarta : Kanisius

Castells, Manuel, 2004, The Power of Identity (Second Edition), Victoria Australia : Blackwell Publishing

ELashmawi, Farid, 2002, Competing Globally : Sukses Bersaing dengan Negosiasi dan Manajemen Lintas Budaya, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Fakih, Mansour, 2002, RUntuhnya Teori Pembangunan dan Globalisasi, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Hirst, Paul dan Thompson, Grahame, 2002, Globalization in Question, Cambridge : Polite Press

Huntington, Samuel P, 1995, Gelombang Demokratisasi Ketiga, Jakarta: PT. Pustaka Utama Grafiti

Ibrahim, Idi Subandy (ed), 1997, Lifestyle Ecstacy : Kebudayaan Pop dalam Masyarakat Komoditas Indonesia, Yogyakarta : Jalasutra

International Forum on Globalization, 2003, Globalisasi Kemiskinan dan Ketimpangan, Yogyakarta : Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas

Mas’oed, Mohtar (ed), 1992, Isyu-Isyu Global Masa Kini, Yogyakarta : PAU UGM

Mujani, Syaiful dkk, 2005, Benturan Peradaban : Sikap dan Perilaku Islamis Indonesia terhadap Amerika Serikat, Jakarta : Nalar

Ohmae, Kenichi, 1995, Hancurnya Negara Bangsa : Bangkitnya Negara-Kawasan dan Geliat Ekonomi Regional di Dunia Tak Terbatas, Yogyakarta : Qalam

Turner, Brysan S, 2002, Orientalisme, POsmodernisme dan Globalisasi, Jakarta : Rioka Cipta

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s